Aktivis Karang Taruna

Aktivis Karang Taruna
Bagaimana kabar sahabat pada hari ini ? Semoga kita semua terus diberikan kesehatan dan memperoleh kesehatan agar tetap bisa beraktivitas dengan lancar. Aamiin YRA.

Aktif di organisasi merupakan salah satu hobi saya sejak remaja masih menggunakan seragam putih biru. Walaupun sebenarnya lebih senang bergabung di organisasi yang memiliki kegiatan di alam bebas seperti pramuka pecinta alam. Tetapi tidak ada salahnya kalau sekarang lebih memilih organisasi yang sifatnya sosial tapi tetap memiliki aktivitas di lingkungan masyarakat seperti Karang Taruna.

Sebagai organisasi yang diakui oleh pemerintah secara resmi dengan payung hukum berupa Peraturan Menteri Sosial (Permen) No. 77 Tahun 2010 tentang Karang Taruna. Organisasi sosial kepemudaan yang memiliki pengaruh lumayan besar di kalangan remaja, walaupun usia sudah kepala 4 tetapi jiwa sih masih serasa kepala 2, tidak ada salahnya menjadi aktivis di Karang Taruna, aktivis pemuda yang berusaha mendekati pemuda dari berbagai aspek, walaupun lebih dititikberatkan pada aspek sosial, tetapi bukan tidak mungkin mengmbangkan aspek-aspek yang lainnya.

Menjadi aktivis Karang Taruna di lingkungan saya Kelurahan Maleber Ciamis dengan moto Maleber Maju Maleber Maju tentu saja perjuangan yang lumayan berat, walaupun kelihatannya mudah, karena sejak dari generasi dulu waktu saya mulai mengingat berbagai hal, pemuda di lingkungan tempat tinggal saya memiliki kebiasaan yang kurang baik di masayarakat, apalagi kalau masalah tawuran, pemuda Maleber sangat terkenal di hampir seluruh wilayah Ciamis dan kota sekitarnya.

Menyatukan pemuda se-Kelurahan walaupun sulit tetapi bukan merupakan hal yang tidak mungkin, hanya perlu memahami permasalahan yang ada di kalangan pemuda secara sabar dan telaten. Kekerasan bukan cara yang benar, tetapi lebih baik dengan jalan pendekatan dan hasilnya sangat memuaskan, terciptanya kondusifitas masyarakat melalui pemudanya.

Banyak orang bertanya-tanya apa yang saya peroleh menjadi aktivis Karang Taruna? Saya jawab dengan mudah saja : "Kebanggan dan kepuasan bathin" yang tidak bisa dinilai dengan materi. Menurut saya kalau mencari kepuasan berupa materi / finansial dengan menjadi aktivis Karang Taruna bukan tidak mungkin walaupun Karang Taruna sebagai organisasi sosial pemuda, tetapi bukan tujuan itu yang saya cari.

Materi yang diperoleh oleh para aktivis Karang Taruna yang baik bisa saja diperoleh, tetapi tidak secara instan seperti bekerja di perusahaan, sekarang bekerja bulan depan memperoleh gaji. Perolehan materi tidak dijadikan tujuan tetapi berupa imbas menjadi aktivis Karang Taruna karena memperoleh banyak relasi baru dan memperbanyak silaturahim, imbas itulah yang mendatangkan perolehan materi, lebih banyak memperoleh pekerjaan atau untuk pedagang bisa menambah jumlah penjualan barang.

Seperti janji Tuhan yang menganjurkan umat-Nya untuk selalu bersilaturahim dengan orang lain yang ada di sekitar kita, secara logika memang bisa dipahami, lebih banyak silaturahim berarti lebih banyak rekan, lebih banyak tahu, lebih banyak peluang. Kalau bisa dimanfaatkan dengan baik maka peluang itulah yang bisa diolah untuk memperoleh materi.

Menjadi aktivis Karang Taruna yang memiliki kegiatan dan anggota yang banyak kelihatan mudah tetapi sebenarnya membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga yang lumayan banyak, tetapi bisa dijalani dengan baik kalu memiliki jiwa sosial tinggi dan kesabaran. Imbasnya memperbanyak silaturahim dan memperbanyak relasi, baik relasi pemuda di lingkungan, para pemuda di organisasi-organisasi lain, pengusaha dan pemerintahan eksekutif maupun legislatif.

Harapan saya melalui tulisan ini bisa menambah semangat para aktivis Karang Taruna yang kadang dipandang orang sebagai pekerjaan pengangguran, agar tidak patah semangat dan terus berusaha untuk menyatukan pemuda dan meningkatkan peran pemuda di lingkungannya.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Aktivis Karang Taruna"

Posting Komentar

Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.